Monday, July 23, 2007

Market Opportunity Analysis

Market Opportunity Analysis for Online Firms

Sebelum kita menciptakan E business strategi lebih baik kita memahami terlebih dahulu perbedaan persaingan antara penjualan secara tradisional dengan menggunakan E business :

1. Across industry Boundaries
Penggunaan media web dalam kita melakukan bisnis yang berbeda dengan bisnis tradisional karena keterbatasan produk yang di hasilkan
2. Between Alliance of companies
Kita melakukan kerjasana dengan perusahaan lain yang saling mendukung
3. Developments and response at unprecedented speed
Perkembangan teknologi yang sangat cepat seperti pada Browser yang di gunakan
4. Unique ways to bring value to customers and change behavior
Memberikan perubahan cara berfikir kepada customer
5. Industry value chains and value systems rapidly reconfigured
Dengan perkembangan teknologi perusahaan ataupun industri dapat mengubah “value chain“ mereka maupun system yang mereka miliki dalam meningkatkan penjualan sehingga dapat melibatkan customer secara langsung

Selain itu kita harus melihat kesempatan yang ada dengan menggunakan Framework for market Opportunity :
1. Mengindentifikasi kebutuhan customer
2. Mengindentifikasi customer yang akan dijadinkan target (Segmentasi )
3. Memperkirakan keunggulan dalam berkompetisi dengan pesaing.
· Direct Competitors
· Indirect Competitors
4. memperkirakan sumber daya yang dimiliki perusahaan
· Internal resources
· Partners
5. Memperkirakan teknologi yang umum digunakan.
· Technology Vulnerability
· Technologi Adoption
· Impact of new technology
6. Membuat jangka waktu yang terpadu
7. Memperkirakan kesempatan yang dapat diambil

Empat kunci yang harus diperhatikan untuk mengetahui kesempatan yang ada dalam pasar sehingga dapat menemukan "Sweet Spot":
1. Customer
Kita harus menganalisa lingkungan dari pelanggan dan kebutuhan dari pelanggan.
2. Technology
Kita harus menganalisa teknologi di sekitar kita
3. Company
Menganalisa lingkungan di sekitar kita termasuk sumber daya perusahaan
4. Competition
Menganalisa kompetisi yang ada baik dari industri yang ada ataupun market yang ada

No comments: