Thursday, September 6, 2007

Metrics

Metrics

Tujuan-tujuan metrics:
1. Dapat memberikan definisi mengenai business model perusahaan
2. Dapat mengkomunikasikan strategy perusahaan
3. Dapat men-track performance perusahaan
4. Dapat meningkatkan pertanggungjawabannya
5. Dapat menyelaraskan individual objectives, departmental objectives dan company objectives

Assessing the Health of Online Firms
Untuk mengetahui kondisi online firms dapat menngunakan tool Balanced Scorecard dengan mengukur 4 kategori, yaitu : financial, customer, internal business process dan learning & growth.

Keterbatasan dari Balance Scorecard

1. Definisi yang tidak jelas dari suatu strategi dan model bisnis.

2. Ketidak jelasan lokasi dari perusahaan atau kerangka dari sumber daya.

3. Ketidak jelasan dari lokasi dari partner pada kerangka, dimana strategi dari partner adalah suatu yang kritis bagi perusahaan untuk diukur terhadap hubungan ekonomi.


Komponen dari suatu dashboard:

1. Market Opportunity Metrics

Kemampuan perusahaan yang tidak dapat memenuhi kebutuhan pasar, merupakan bagian yang kritis dari proses strategi. Ini tidak hanya sekali terjadi, tetapi merupakan proses yang terus menerus terjadi.

2. Business Model Metrics

Model bisnis metrics ini mengambil beberapa subcomponent dari bisnis model seperti value proposition, egg diagram, resources system dan juga metric keuangan.


Langkah-langkah untuk mengimplementasikan Performance Dashboard :

1. Articulate Business Strategy
2. Desired outcome summary
3. Choose Metrics
4. Leading/Lagging indicators
5. Calculate current & target performance

2 major attributes
Online & Offline Integration Metrics
1. A seamless customer experience (front end)–Customer Purchase process
2. A seamless set of internal business process & operations (back end)

Tipe data sources yang digunakan untuk Metrics Assessment :
1. Market Research, untuk mengukur seperti site usability, customer satisfaction dan site traffic
2. Analysis Reports, untuk mengukur seperti industry trend & company/site ratings
3. Financial Information, untuk mengukur seperti company profiles, financials, industry & market comparative dan data

No comments: