Monday, August 13, 2007

Customer Interface

7 elemen dalam Customer Interface, yaitu:
1. Context
Beberapa situs fokus pada penekanan bentuk grafik, warna, desain dan juga fitur-fitur, sedangkan situs lain lebih mengutamakan tujuannya seperti kemudahan dlm navigasi..
2. Content
Jika context lebih fokus pada bagaimana mendesign suatu situs, sedangkan content berisi apa yang akan ditampilkan dalam situs tersebut. Content mencangkup text, video, audio dan graphic yang terdapat pada web dalam menginformasikan produk dan service yang dimiliki perusahaan.
3. Community
Community merupakan interaksi antara sesama pengguna website tersebut baik interaksi antara seorang user dengan seorang user seperti email maupun bermain game ataupun dengan banyak user seperti chat room.
4. Customization
Customization merupakan website yang dapat disesuaikan oleh tiap-tiap usernya. Ketika system customization digunakan oleh perusahaan, kita menyebutnya tailoring. Ketika digunakan oleh perorangan disebut dengan personalization.
5. Communication
Communication disini merupakan komunikasi antara website dan para penggunanya. Dialog tersebut bias dalam 3 bentuk yaitu komunikasi antara web dengan user seperti notifikasi email, user dengan website seperti permintaan oleh user, atau dapat pula komunikasi dua arah seperti instant messaging.
6. Connection
Connection merupakan tingkat hubungan antara satu website dengan website lainnya.
7. Commerce
Commerce merupakan kemampuan suatu website dalam menjual suatu produk,baik barang ataupun jasa.

Context Feature:
1. Function
a. Section breakdown
Bagian dari suatu website yang memperlihatkan struktur dari top level termasuk didalamnya tombol untuk search.
b. Linking Structure
Navigasi dari beberapa bagian dalam suatu website. Seperti pada saat kita ingin berbelanja (baju), lalu kita memilih merek dari baju tersebut
c. Navigation Tools
Fasilitas dimana pengguna dapat masuk ke semua bagian yang ada di website tersebut, sebagai contoh terdapat navigation tools yang dapat mencari fungsi pencarian berdasarkan harga atau gaya, dan feature ini disebut dengan My Catalog.
d. Speed
Desain yang ringkas dan sangat sedikit menggunaan grafik sehingga dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk menampilakan suatu halaman pada layar pengguna
e. Reliability
Seberapa sering suatu website mengalami “downtime”.
f. Platform Independence
Pengukuran kemampuan website dalam diakses menggunakan bermacam-macam platform.
g. Media Accessibility
Kemampuan untuk mendownload melalui bermacam-macam platform.

2. Aesthetics
a. Color Scheme
Pallete warna yang digunakan dalam membuat suatu website dan terkadang menyesuaikan mood dari pengguna.
b. Visual Themes
Visual Theme dapat membantu dalam menyampaikan suatu cerita.Seperti Lucky brand Dungares yang menggunakan design dan, motto “Lucky Girl.”

Context Classifications:
1. Aesthetically Dominant
2. Functionally Dominant
3. Integrated

Content Features:
1. Offering Mix
Web site dapat menawarkan 3 macam isi yaitu dapat berupa product, informasi ataupun jasa. Seringkali dalam suatu website terdiri dari ke tiganya. Yang dimaksud dengan offering mix adalah proposi dari tiap-tiap isi yang diberikan kepada pengunjung. Sebagai contoh Fogdog Sports lebih focus kepada produk walaupun juga terdapat informasi tentang olah raga.
2. Appeal Mix
Pesan yang disampaikan oleh suatu perusahaan, idealnya kekuatan dari suatu perusahaan.
3. Multimedia Mix
Suatu website yang menampilkan campuran multimedia seperti kombinasi antara text, gambar, suara, video dan juga grafis.
4. Timeliness Mix
Semua website yang informasinya sangat bergantung kepada sensitivitas dari waktu. Seperti website untuk harga saham ataupun berita terbaru.Tetapi ada juga website yang tidak membutuhkan update dalam jangka waktu yang lama seperti website tentang hukum ataupun pajak.

Content Classification
1. Product dominant
Terdapat 3 tipe dari product dominant yaitu:
a. Superstore :
Website dimana pengunjung dapat berkunjung di web site tersebut, dan melihat lihat berbagai macam barang dari berbagai macam katagori. Website ini biasanya di kelompokan dari suatu produk dan mempunyai harga yang bersaing seperti Amazon.com
b. Category Killer
Website yang isinya hanya exclusive dari satu macam produk. Mereka menawarkan pilihan dari barang dan jasa yang sangat selektif, dari category tertentu. Sebagai contoh produk dari petsmart.com
c. Specialty Store
Store ini hanya menawarkan barang tertentu dengan kualitas khusus, exclusive dari satu atau lebih katagori. Selain itu juga ditampilkan grafik yang bagus, photo dan juga penjelasan tentang produk tersebut.

2. Information Dominant

3. Service Dominant

Community Features
1. Characteristics
2. How members participate in the community
3. Why members are motivated to join the community
4. Members benefits
5. Interaction tools

Community Classifications
1. Nonexistent
2. Limited
3. Strong

Customization Features
1. Personalization
a. E-mail Accounts
b. Content and layout configuration
c. Storage
d. Agents

2. Tailoring

Customization Classifications
1. Generic
2. Moderately Customized
3. Highly Customized

Communication Features
1. Broadcast
a. Mass mailings
b. FAQs
c. E-mails newsletters
d. Content-update reminders
e. webcast event

2. Interactive (two-ways communication)
a. E-commerce dialogue
b. Customer Service
c. User Input

Communication Classifications
1. One to many, Nonresponding user
2. One to many, Responding user
3. One to one, Nonresponding user
4. One to one, Responding user

Connection Features
1. Outside Links
2. Framed Links
3. Pop-up Windows
4. Outsourced content

Connection Classifications
1. Destination site
2. Hub site
3. Portal site

Commerce Feature
Functional tools that enable e-commerce:
1. Registration
2. Shopping Cart
3. Security
4. Credit card Approval
5. One-click shopping
6. Orders through affiliates
7. Configuration technology
8. Order tracking
9. Delivery options

Commerce Classifications
1. Low
2. Medium
3. High

No comments: