Tuesday, August 21, 2007

Market Communications and Branding

Market Communication and Branding

Integrated Communication and Branding
Branding adalah persepsi konsumen dari apa yang ditawarkan, bagaimana bentuknya, performanya, rasa dan juga pesan yang dikirim. Persepsi ini dipelihara dari kombinasi komunikasi pemasaran ada pasar secara luas.

Terdapat 4 katagori dari komunikasi pemasaran :
General On line Communication
Biasanya diikuti oleh pendekatan yang tidak personal dimana perusahaan mengambil komunikasi terhadap pemakai dengan keterangan sebagai berikut :
1. Direct
Salesforce (penjualan ke langganan)
Direct Mail (email langsung ke pelanggan)
Telemarketing (penjualan jarak jauh)
Customer service representative (perwakilan dari customer service)
2. Personalized
Pengiriman email secara personal dengan meminta ijin
Rekomendasi secara personal
Pengiklanan secara personal
Halaman web yang personal
Toko e commerce yang personal
3. Traditional Mass Marketing
Televisi
Radio
Print
Billboards
4. Pendekatan secara umum
Iklan dari banner
Email
Perjanjian secara exclusive
Program-program yang berhubungan
Kerjasama secara on line dan off line
Informasi pelanggan
Transaksi secara online

Personalized Online Communication
Perusahaan yang bergerak dibidang online mempunyai kesempatan untuk mengurangi biaya pemasaran secara masal dan meningkatkan respons dengan melakukan pemasaran secara personal pada pelanggannya.
Terdapat 5 katagori secara personal pada komunikasi secara online yang dibagi :
1. Penggunaan ijin email secara personal
Pada saat pendaftaran awal biasanya customer mengisi suatu form dengan meminta izin untuk pengisian data ke pelanggannya. Informasi ini memungkinkan mereka untuk mengirim lebih banyak email sesuai dengan segmentnya.
2. Rekomendasi secara personal
Banyak perusahaan online yang meberikan layanan secara personal yang menawarkan rekomendasi barang yang dapat dibeli berdasarkan atas data pembelian lalu, kunjungan halaman sites dan juga informasi dari survey dari data yang tersedia.
3. Pengiklanan secara personal
Secara meningkat, website menggunakan teknology perangkat lunak secara personal untuk menentukan perubahan secara dinamik secara real time dari periklanan di web yang dapat dilihat.
4. Personalized Webpages
Banyak dari portal dan perdagangan elektronik yang memungkinkan pemakai untuk membuat webpages mereka sendiri, agar pelanggan sering kembali dan pengguna hafal pada site tersebut.
5. Personalized e-Commerce Stores
Memahami bahwa tiap-2tiap customer memiliki keribadian yang berbeda-beda oleh karena itu perusahaan harus dapat memberikan sentuhan yang berbeda pada masing-masing customer baik dari produk ataupun jasa yang akan di tawarkan seperti yang dilakukan oleh amazon.

Traditional Mass Media Communication
Jumlah advertising online yang berkembang masih kecil dibandingkan dengan total pengeluaran advertising. Keduannya baik yang online maupun yang offline mengeluarkan sejumlah dollar untuk periklanan pada media masa traditional seperti radio, koran dan televisi. Selain mahal, iklan televise dapat cepat mengirimkan pesan penjualan kepada target yang sangat besar. Bagaimanapun, dibanyak kasus, media secara offline cukup membawa banyak pelanggan baru kepada internet atau membuat pengguna internet yang sudah ada sadar akan merek tertentu.

Direct Communication
Komunikasi dapat berupa :
1. Sales Representative
Bagian yang sangat menarik dari perkembangan web adalah menggunakan juga tempat penjualan secara tradisional
2. Direct Marketing
Adalah bentuk kedua dari komunikasi marketing secara offline. Perusahaan seperti Amazon.com mengirimkan kupon melalui email kepada grup pelanggan tertentu. Sebagai contoh pelanggan yang memberli DVD di Amazon dapat menerima pengurangan harga berupa voucher DVD melalui email
3. Telemarketing
Adalah pilihan ketiga dimana pada telemarketing lebih ditekankan pada peningkatan sales, bukan pada penguatan brand atau image suatu produk.

Tipe dari Merek
1. Pure Offline and Online Brands
Traditional Brand yaitu produk dan jasa dimana merek berhubungan erat dengan tipe offline seperti :
GAP
UPS
Coca Cola
2. Online Brands
Adalah produk dan jasa yang berhubungan dengan dunia online seperti :
Amazon
Yahoo
AOL
E*Trade

Blurring of the Distinction
Hasil akhir dari perbedaan antara bentuk asli dari offline dan juga bentuk asli dari merek online dipertimbangkan dari pengembangan :
1. Yahoo menetapkan online tetapi juga menggunakan kegiatan promosi offline untuk meningkatkan kesadaran dari merek tersebut.
2. E*trade ada merek tradisional dimana produknya sudah dikenal secara fisik, tetapi dikembangkan dengan merek secara online dan kemudian memadukan keduanya (offline dan online).
3. Wingspan Bank ditetapkan sebagai merek virtual tetapi dengan menggunakan merek tradisional (sebagai gantinya merek offline, Bank One merubah brand online)
4. Charles Schwab secara sukses menjembatani perbedaan antara kegiatan online dan offline.
5. Ragu ditetapkan sebagai merek offlien, tapi menggunakan kegiatan promosi secara online untuk meningkatkan kesadaran akan merek tersebut dan juga kesetiaan.

10 Langkah dari proses suatu merek
1 Jelas menentuk target dari merk
Dengan adanya sejumlah besar segmen akan lebih efektif untuk menempatkan lingkup online dibandingkan lingkungan offline.
2 Mengerti target dari pelanggan
Setelah dapat menentukan pasar, makan akan dapat menentukan tipe pelanggan yang membawa segmen pasar kepada kehidupan. Baik lingkungan offline maupun online membutuhkan pengertian dari kebiasaan pelanggan.
3 Identifikasi nilai kunci untuk meningkatkan pengalaman dari pelanggan
Ketika target dari pelanggan dibagi dari berbagai karakteristik kebiasan, pada langkah ini menekankan perusahaan untuk mempertimbangkan langkah organisasi meningkatkan harga produk, tampak muka ke pelanggan, perpaduan komunikasi antara offline dan online yang menyebabkan pelanggan menjaga kebiasaan yang merupakan tujuan yang konsisten dari perusahaan.
4 Secara terus menererum mengawasi pesaing
Membangun suatu merek merupakan kegiatan yang berat, ketika tidak ada kompetisi di dunia ini. Bagaimanapun, kompetisi pada dunia online merupakan hal yang sangat menarik. Adalah tidak biasa dari suatu perusahaan untuk membangun suatu rencana bisnis hanya untuk melihat pesaing sebelum mengeluarkan suatu produk. Sehingga akan sangat krits untuk mengawasi secara terus menerus pesaing. Pesaing harus diawasi baik secara offline maupun secara online.
5 Mendisain secara penuh tujuan suatu merek
Tujuan dari suatu merek akan membawa proposisi dari suatu nilai. Proposisi nilai tersebut berpusat pada keuntungan utama dari pelanggan. Tujuannya adalah dapat mendeskripsikan pelanggan yang bersahaja dimana suatu mereka diterjemahkan dari sudut pandang pelanggan. Tujuannya adalah hubungan positif dari suatu merek dan juga perbandingannya.
6 Menjalankan suatu integritas
Langkah ini memperlihatkan kualitas dari pilihan implementasi dan juga pengembangan dari perusahaan terhadap pesan yang dapat dipercaya. Dalam sejarah, lingkup offline, membangun suatu merek harus konsisten dan investasi jangka panjang.
7 Selalu konsisten setiap waktu
Merek yang kuat akan membutuhkan waktu untuk berkembang. Tentu saja, pada masa internet, dapat berupa bulan atau tahun dibandingkan 10 tahunan. Dari waktu tersebut, kunci utamanya adalah pesan secara konsisten.
8 Mengembangkan sistem umpan balik
Komunikasi pasar dan reaksinya terhadap pasar jarang terjadi dari yang sudah direncanakan. Dari hal tersebut, adalah sangat penting untuk mempunyai suatu sistem umpan balik secara terus menerus. Efek dari merek dapat diukur secara cepat dan tepat dari lingkup online. Dengan alat yang canggih dapat melihat respon dari pelanggan tentang merek dan komunikasi pemasarannya.
9 Kesempatan
Kesempatan untuk membangun suatu merek dapat memperlihatkan sesuatu yang tidak diharapkan. Sebagai contoh website Monster diharapkan selalu menjadi nomor satu untuk katagori yang menkomunikasikan cara baru, termasuk melalui acara Super Bowl dan periklanan. Kesempatan bisa terjadi pada tingkatan segmen dalam lingkup offline dan juga pada tingkatan individu pada lingkup online.
10 Investasi dan kesabaran
Pada saat nilai saham dipasar dot com terdapat beberapa pertimbangan, ini merupakan bukti bahwa suatu merek memerlukan pemeliharaan dan juga pengendalian dari waktu ke waktu. Investasi yang berhati-hati, kesabaran jangka panjang, dan kemampuan untuk fokus pada masalah jangka panjang. Kedua lingkup ini memerlukan investasi jangka panjang yang konsisten.

No comments: